Kenali Desa Sipaenre Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

Kenali Desa Sipaenre Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, RADARMAKASSAR.COM – Desa Sipaenre, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Merupakan salah satu Desa diantara 12 Desa se-Kecamatan Kindang.

Desa Sipaenre baru berusia 8 tahun setelah dilakukan pemekaran dari Desa Anrihua.

Dengan usia yang kedelapan tahun tersebut, sudah dua orang yang telah menduduki jabatan Kepala Desa, diantaranya Pak H. Nur Alim dan Arifuddin yang saat ini masih sementara menjabat.

Diketahuinya, pada tahun 2018 lalu. Arifuddin berkompetisi dengan 5 kandidat lainnya sebagai calon kepala Desa di Sipaenre, dan tercatat Arifuddin sebagai pemilik suara terbanyak diantara calon lainnya, yakni 350 suara.

Meski Usia Desa Sipaenre baru berusia yang kedelapan tahun, namun tingkat perkembangannya tidak kalah dengan desa lain yang ada dibulukumba.

Sejak 4 tahun resmi terbentuk menjadi Desa, demi menggenjok perekonomian masyarakat di Desa Sipaenre. Pemerintah Desa membangun pasar tradisional dengan desain yang cukup menarik sehingga dinamai pasar pelangi.

Bahkan diperiode Arifuddin, dirinya mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang sebelumnya sudah dibentuk oleh mantan kades dan bergerak dibidang usaha penjualan tabung gas serta peminjaman modal usaha masyarakat Desa Sipaenre.

Saat dikonfirmasi Radarmakassar.com, sabtu (18/7/2020). Kepala Desa Arifuddin menyebut bahwa pihaknya sengaja mengembangkan Bumdes yang bergerak di penjualan tabung gas dan peminjaman modal usaha, tujuanya demi memudahkan masyarakat Desa Sipaenre untuk melakukan transaksi jual beli tabung.

“Memang Bumbes di Desa Sipaenre bergerak dibidang penjualan tabung gas, gunanya demi memudahkan masyarakat untuk pembelian tabung tersebut”, jelas Arifuddin kepada Radarmakassar.com

Sementara untuk bidang peminjaman modal usaha, red. Dia menyebutya pinjaman modal tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk mewujudkan impiannya sebagai pengusaha yang meski berawal dari usaha kecil-kecilan. (Fadly)

No Responses

Leave a Reply