Pemkot Makassar Pastikan Soal Bangunan Mewah 3 Lantai di Jalan Buru Tak Miliki IMB

Pemkot Makassar Pastikan Soal Bangunan Mewah 3 Lantai di Jalan Buru Tak Miliki IMB

Radarmakassar.com – Pemerintah Kota Makassar, melalui Dinas Tata Ruang dan Bangunan kembali memastikan bangunan mewah rumah 3 Lantai yang terletak dijalan Buru 130/98 Makassar tidak memiliki Izin mendirikan Bangunan (IMB).

Meski sebelumnya beredar nomor surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan Nomor : 530/3408/IMB-B/05/BPTPM, hal itu pun dipastikan oleh Pemkot Makassar adalah palsu lantaran tidak terdaftar di Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar.

Hal itu pun dibenarkan, Plt Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) Pemerintah Kota Makassar, Husni Mubarak, ia mengatakan sejauh ini pihaknya belum pernah menerbitkan IMB dengan nomor tersebut.

“Tidak ada terdaftar de, tidak no surat kayak begitu de,” ucapnya saat dihubungi melalui via telepone, Kamis (29/4/2021).

Kata dia, ketika hal itu terdaftar tentunya surat tersebut akan muda terlacak di pihaknya, ia pun menyebutkan pula nomor surat IMB yang beredar itu berbeda dengan format Surat dari DTRB Kota Makassar.

“Iya dek kalau DTRB pasti ada ji juga kodenya disitu, Tahunnya juga tidak jelas,” tuturnya.

Hal yang sama pula diungkapkan oleh, Kepala Dinas PM-PTSP Makassar, Andi Bukti Djufri ia mengatakan sejak peralihan pengurusan izin IMB sejak 2017 pihaknya belum pernah menerbitkan izin IMB pada bangunan mewah itu.

“Kalau 2016 Dinas PTSP belum ada, Kalau liat nomornya itu yang kasih keluar IMB-nya bukan PTSP, Kalau di PTSP tidak ada nomor ijin seperti ini,” sebutnya.

Terkait apakah pihaknya akan mengevaluasi ataupun melakukan pengecekan terhadap bangunan tersebut, Bukti Djufri mengatakan hal itu merupakan kewenangan dari Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar.

“(itu) tugasnya Tata Ruang (untuk melakukan pengecekan di lapangan,” tutupnya.

Sebelumnya, dalam fakta persidangan kasus dugaan pengrusakan ruko dijalan Buru Kota Makassar ditemukan Bangunan mewah 3 lantai milik Jemis Kontaria yang dikerjakan oleh Edy Wardus tidak memiliki IMB.(nca)

No Responses

Leave a Reply