Resmi Terbentuk, DPD HAPI Sulsel Siap Bersinergi dengan Pemerintah dan Masyarakat

Resmi Terbentuk, DPD HAPI Sulsel Siap Bersinergi dengan Pemerintah dan Masyarakat

Radarmakassar.com – Himpunan Advokat/Pengacara Indonesia (HAPI) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulsel, resmi mengembangkan sayap di Sulawesi Selatan usai Konferensi Daerah 1 HAPI digelar dan dilanjutkan pelaksanaan Pelantikan para pengurus yang digelar di Hotel Denpasar Makassar, Sabtu (31/7/2021).

Melalui Kegiatan tersebut DPD HAPI Sulsel pun menyatakan kesiapan berpartisipasi dalam membantu Pemkot, Pemkab dan Pemprov Sulsel menyelamatkan aset yang dikuasai beberapa pihak serta membantu Masyarakat dalam Penegakan Hukum yang adil.

Ketua Pantia Pelaksana, Jemy Nento saat ditemui mengatakan total pengurus yang dilantik sebanyak 22 orang Pengurus yang tertuang dalam Surat Keputusan DPP HAPI, Nomor : 007/SK/DPP-HAPI/IV/2021 tentang pengangkatan pengurus DPD HAPI masa bakti 2020-2025.

“Pembentukan pengurus DPD boleh di Kata singkat, cepat dan berjalan lancar, Konferensi Daerah ini dirangkaikan dengan Pelantikan Para pengurus, yang dilantik itu 22 orang Pengurus,” ucap.

Kata dia, dalam kegiatan Konferensi Daerah tersebut juga dihadiri langsung oleh pihak Dewan Perwakilan Pusat Himpunan Advokat/Pengacara Indonesia (DPP HAPI).

“Turut hadir juga dalam kegiatan ini Wakil Ketua DPP HAPI dan Sekjen HAPI tentunya para pengurus nantinya diharapkan dapat bekerja dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD HAPI Sulsel Andi Firdaus mengatakan pasca pembentukan DPD HAPI Sulsel resmi terbentuk target utama nantinya bagaimana melahirkan atau membentuk DPC di setiap Kabupaten di Sulsel.

“Target saya di 2021 setelah dilantik, yakni sudah terbentuknya semua DPC di setiap Kabupaten di Sulsel, ada 13 DPC Kabupaten di Sulsel yang saya sudah rekomendasikan, rencana 24 Kabupaten akan terbentuk semua,” sebutnya.

Ia pula menyebutkan ke depan HAPI Sulsel mampu bersaing dengan lembaga Hukum lainnya dan lebih mengedepankan dalam membantu masyarakat dalam pendampingan Hukum.

“Agar ke depan lebih bagus, bisa bekerja sama dengan Advokad-advokad lain agar lebih bagus, HAPI ini baru terbentuk di Sulsel dan mudah-mudah bisa satu sama dengan Peradi dan lembaga lainnya, pengurus saya minta agar bekerja dengan semaksimal mungkin dan membantu masyarakat yang kurang mampu dalam pendampingan Hukum,” Kata Firdaus.

Ke depan dirinya berharap bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Makassar dalam penyelamatan Aset yang diketahui beberapa aset milik Pemkot Makassar dikuasai oleh pihak lain.

“Yang sekarang kita akan lakukan yakni dengan bersinergi dengan Pemkot bagaimana mengembalikan aset tersebut,” pungkasnya.

Wakil Ketua DPP HAPI, Jafar Eli berharap nantinya pengurus DPP yang resmi dilantik bisa bekerja maksimal serta membesarkan nama Organisasi HAPI.

“Harapan kami dengan Komperda ini setelah dilantik maka sah lah organisasi itu untuk mengembankan amanah ke depan yang lebih berat dalam membesarkan nama Organisasi, Nantinya organisasi akan dibentuk LBH yang nantinya membantu pendampingan Hukum,” harapnya.

Senada hal itu, Kepala Bagian Hukum Pemkot Makassar, DR. Hari berharap pengurus DPD HAPI Sulsel nantinya dapat bersinergi dengan Pemkot Makassar dalam upaya Penegakan hukum dan membantu dalam mengambil alih kembali aset yang ambil pihak lain.

“Advokad sangat dibutuhkan oleh Makassar, Aset-aset yang diklaim oleh pihak-pihak lain bagaimana bisa diambil alih kembali oleh Negara dengan tentunya dibantu oleh DPD HAPI Sulsel,” tutupnya.(Nca)

Berikut Struktural Pengurus DPD HAPI Sulsel Masa Bhakti 2020-2025 :

* Dewan Pembina
Ketua : DR. H. Machmud Rachimi, SH., MH.
Anggota : – DR. H. Riman Sulaiman Duyo, SH., MH.
– Muh. Basir, SH., MH.

* Dewan Pengawas
Ketua : Musadda, SH.
Anggota : – Ir. H. Andi Abdul Rahim., SH, MH.
– Andi Mappatoto, SH., MH.

* Dewan Kehormatan
Ketua : Basuki Rahmad Sila, SH., MH.
Anggota : – Baharuddin S, SH., MH.
– Darwin Surahman, SH.

* Dewan Pelaksana Harian
Ketua : Andi Firdaus, SH.
Sekretaris : Muhammad Armin Alwi, SH.
Wakil Sekretaris : Ida Hamida, ST., SH.
Bendahara : DR. Asba Hamid, SH., MH.

* Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan Dan Kaderisasi : Jemmy Mento, SH.

* Ketua Bidang Pendidikan Khusus Profesi Advokad, Sertifikasi dan Kerjasama Universitas : Jumadi Mansyur, SH.

* Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Dan Hubungan Antar Lembaga : Syamsir Syamsuddin, SH., MH.

* Ketua Bidang Bantuan Hukum Dan Hak Asasi Manusia : Muh. Risvan Dahsyam, SH., MH.

* Ketua Bidang Pembina Dan Pengawasan Anggota : Masran Amiruddin, SH., MH.

* Ketua Bidang Perlindungan Perempuan, Anak dan Disabilitas : Andarias Batara, SH., MH.

* Ketua Bidang Kajian Hukum Dan Perundang – Undangan : H. Mahmuddin, SH., MH.

* Ketua Bidang Pengkajian Dan Pengembangan : Elyas, SH.

* Ketua Bidang Pembelaan Profesi Advokad : Amiruddin Zulfikar, SH.

* Ketua Bidang Pembelaan Organisasi : Ahmad Amirullah, SH.

No Responses

Leave a Reply