Jamran Moncongloe Usung Kampanye Less Plastic

Jamran Moncongloe Usung Kampanye Less Plastic

Radarmakassar.com – Pelaksanaan Jambore Ranting (Jamran) Kecamatan Moncongloe mengusung kampanye less plastic dan juga perketat protokol kesehatan. Kegiatan ini berlangsung mulai 19 Oktober 2021 dan akan berlangsung hingga 22 Oktober 2021 mendatang. Kampanye less Plastic tersebut bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pelaksanaannya, panitia membagikan tumbler kepada seluruh peserta serta menyiapkan pos untuk mengisi ulang air minum di sejumlah titik kegiatan. Hal ini dimaksudkan agar para peserta membiasakan diri untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai. Selain itu, dalam menyukseskan kampanye less plastik ini, para peserta termasuk pengunjung diimbau untuk tidak membawa makanan atau minuman dengan menggunakan plastik sekali pakai.

Hal ini disambut baik oleh Bupati Maros, Chaidir Syam saat melakukan kunjungan pada Kegiatan Jamran Kecamatan Moncongloe dihari kedua, Rabu (20/10/2021).

“Saya sangat senang dengan dilaksanakannya kegiatan kepramukaan seperti ini. Saya berharap ini menjadi awal atau titik balik untuk kembali menghidupkan gerakan kepramukaan di gugus depan,” kata chaidir.

Menurutnya, pramuka merupakan salah satu organisasi yang mampu memberikan pendidikan karakter bagi generasi bangsa. Seperti yang telah tertulis dalam dasadarma dan juga trisatya.

Untuk itu, bupati sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) ini berjanji akan mendorong kegiatan kepramukaan di gugus depan agar bisa dihidupkan kembali. Dia juga berjanji nakan melakukan rehab terhadap kantor kwarcab di Kabupaten Maros.

Di sela sambutannya, mantan Ketua DPRD Maros itu juga mengingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan, meskipun saat ini kasus penyebaran Virus Covid-19 sudah mulai agak melandai.

“Meskipun jumlah kasus positif (kasus covid-19) sudah cenderung berkurang dan levelnya sudah turun, kita tetap harus waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Dalam kesempatan lain, Haeruddin S.Ag sebagai Ketua Panitia menuturkan bahwa, selain kampanye less plastik serta protokol kesehatan, Jambore Ranting MOncongloe yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Kecamatan Moncongloe tersebut menekankan pengaplikasian dasadarma pertama. Dimana dasadarma pertama adalah takwa kepada Tuhan yang maha esa. Jadi kegiatan religius menjadi salah satu hal yang utama untuk dilaksanakan. Seperti, seperti pelaksanaan shalat 5 waktu, ceramah agama setiap habis shalat magrib dan juga menghentikan setiap kegiatan saat adzan berkumandang.

Haeruddin yang juga adalah Kepala Sekolah di MTS Fardillah Moncongloe, berharap Untuk kedepannya kegiatan kepramukaan bisa terus di galakkan. Dia juga berharap, kedepannya semua sektor bisa ikut andil dalam kegiatan kepramukaan bukan hanya terpaku pada sektor pendidikan saja.

“Untuk kedepannya kegiatan kepramukaan ini diharapkan tidak hanya terpaku disektor pendidikan saja namun semua sektor turut serta andil dalam gerakan kepramukaan,” tutupnya.(*)

No Responses

Leave a Reply